A.5 Setting Google Analytics

Tahap ini dapat dilakukan jika website yang dibangun tidak dalam lingkungan localhost atau berada di server penyedia layanan hosting. Jika website masih dalam lingkungan localhost, silakan mengabaikan tahap ini. Berikut ini penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan agar plugin Google Analyticator dapat berjalan. Namun perlu dicatat, salah satu syarat untuk  melaksanakan langkah-langkah di bawah ini, pengguna harus sudah memiliki akun Google.

  1. Daftarkan website ke Google Analytics di URL  http://www.google.com/intl/id/analytics. URL tersebut akan menampilkan halaman seperti gambar di bawah ini.
    Halaman Awal Google Analytics

    Klik link “Masuk” pada bagian kanan atas tampilan seperti yang dilingkari pada gambar.


    Klik menu “Buat Akun” jika anda tidak memiliki akun Analytics sebelumnya. Namun jika sudah, klik menu “Masuk”. Maka akan tampil halaman login.
  2. Silakan login ke akun Google atau akun Gmail pada form yang tersedia seperti gambar berikut ini.
    Login to google account

    Masukkan Username dan Password Gmail Anda

  3. Setelah login berhasil, akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Klik tombol “Pendaftaran” untuk membuat akun Google Analytics.
    Pendaftaran google analytics

    Klik tombol “Pendaftaran”

  4. Setelah tampil halaman seperti di bawah ini, masukkan data sesuai form.
    Mendaftarkan website

    Lengkapi semua field yang wajib diisi. Yang terpenting adalah URL situs web yang akan dilacak.

  5. Setelah selesai menginput semua informasi di tahap sebelumnya, silakan klik tombol “Dapatkan ID Pelacakan”. Akan muncul jendela seperti di bawah ini:
    Agreement

    Silakan baca syarat dan ketentuan penggunaan Google Analytics untuk penjelasan lebih lanjut.


    Klik tombol I Accept” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  6. Setelah tahap di atas selesai, maka akan tampil halaman admin Google Analytics yang telah didaftarkan. Misalnya dalam buku ini, website yang didaftarkan bernama Pacific Mall Development Co., Ltd. Tampilannya seperti di bawah ini:
    Kode Pelacakan hasil register

    Halaman admin Google Analytics


     

Untuk melihat laporan pengunjung, silakan masuk ke menu “Pelaporan”. Akan tampil statistik pengunjung website seperti gambar di bawah ini:

halaman pelaporan

Klik menu “Pelaporan” untuk masuk ke halaman Pelaporan


Biasanya harus menunggu minimal 24 jam untuk dapat melihat hasil laporan Google Analytics. Berikut tampilan jika Google sudah melakukan pelacakan terhadap website yang telah didaftarkan:
Pelaporan setelah 24 jam

Terlihat grafik dan angka yang menunjukkan kunjungan ke website yang telah dibangun dan didaftarkan ke Google Analytics.